Mau jadi programer belajarnya mulai dari mana?

Sebelum masuk ke pembahasan ada baiknya saya jelaskan secara singkat tentang istilah programer, bahasa program dan pemprograman.

Programer adalah orang yang keahliannya nulis kode program untuk mengirimkan perintah ke komputer dengan bahasa program.

Bahasa program adalah sebuah instruksi untuk memerintahkan komputer menjalankan fungsi tertentu, dia berfungsi sebagai penerjemah bahasa manusia sehingga komputer memahami apa yang diperintahkan.

Pemrograman adalah prosesnya, yakni dari seseorang menulis, menguji, memperbaiki dan memelihara suatu program komputer.

Okee kita lanjut ke pembahasan masalah pertanyaan tadi. Mau jadi programer belajarnya mulai dari mana? Ini lah pertanyaan yang ada dalam benak saya dulu waktu masih awal kuliah dan mungkin masih jadi pertanyaan rekan-rekan sekalian juga sehingga bertamu ke blog ini he..he..

Cerita saya waktu pertama belajar “program”

Saya mencoba cari jawaban pertanyaan tersebut di internet, langsung ketik di google dan ditemukanlah beberapa artikel yang isinya membahas langkah awal memulai jadi programer, namun menurut saya dari artikel yang baca sebagian besar hanya membahas masalah programer langsung dari tingkat menengah sehingga pada waktu itu saya belum menemukan jawaban yang mudah saya pahami dan efek samping setelah membaca beberapa artikel tersebut maka saya alamilah yang namanya galau he..hee.. Rasanya sudah tertanam dalam pikiran saya bahwa untuk jadi programer adalah hal yang sangat sulit dan melawati jalan berbatu, berliku, bercabang, becek dan sangat panjang. Belum mulai belajar saja sudah pusing duluan baca istilah ini itu, pada waktu itu database aja gak ngerti apaan, saya yang gaptek ato kenapa ya he..hee…

Memang pada saat itu sudah cukup banyak saya temukan artikel tentang pemrograman tapi tidak benar-benar dari dasar dan saya rasa kurang bertahap. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli buku tentang pemrograman yang tentunya akan lebih lengkap bahasannya, dan yang pastinya harus ada tulisan untuk orang awam, he..he... nahh ini pasti cocok pikir saya. Setelah saya baca dan coba praktekan isinya ternyata masih bingung juga, waduh padahal udah ada tulisannya untuk orang awam, berarti saya orang apa ya he..he.. saya coba beli lagi beberapa buku tapi kali ini yang sekalian dapat bonus CD kode programnya, tetapi tetap juga masih belum dapat saya pahami dengan baik, karena kode program yang disertakan tersebut waktu digunakan errornya disana sini juga karena tidak disertakan panduan untuk menggunakannya dari awal hingga akhir, maklumm lah namanya juga baru belajar he.. he..

Untungnya saya punya teman yang cukup mengerti pemrograman. Dia menjelaskan dengan bahasa yang sederhana cara kerja bahasa program dan tentunya pakai bahasa manusia bukan dengan bahasa program he..he... sehingga saya mampu memahaminya dengan cukup baik.

Akhirnya dari beberapa bahasa program yang coba saya pelajari waktu itu akhirnya saya memilih visual basic 6.0. Kenapa saya memilih bahasa tersebut? Karena waktu itu ada teman tempat bertanya, referensinya lumayan banyak dan yang paling berkesan dari vb 6.0 waktu itu adalah dari beberapa percobaan yang saya lakukan hanya dengan bahasa tersebut saya pertama kali bisa mengkoneksikannya dengan database whe..he..he... Target saya belajar pemrograman dulunya memang cuma buat ngerjakan tugas akhir nanti, sudah itu aja. Saya tidak mempertimbangkan prospek bahasa yang saya gunakan tersebut dalam dunia usaha kedepannya. Berhasil memunculkan data dari database ke program waktu itu adalah hal yang luar biasa bagi saya, hal tersebut juga yang membangkitkan minat saya untuk mempelajari lebih jauh lagi tentang pemrograman. 

Jawaban pertanyaan Anda

Jika saat ini rekan-rekan bertanya belajar pemrograman harus mulai mana? Maka menurut pengalaman saya mulailah belajar pemrograman dari MEMBANGKITKAN MINAT.

Lah maksudnya gimana tuh? bukannya orang yang nanya mau jadi programer itu berarti sudah ada minat ingin belajar ya?


Nah ini yang coba saya jelaskan, ada minat itu kalo diibaratkan masih kelas lilin kena api dikit dah meleleh, pusing dikit langsung nyerah terus kabur he.. he... Lain kalo yang saya katakan minat yang sudah bangkit, kalo diibaratkan sudah kelas besi alias gak gampang meleleh.

Membangkitkan minat dan saran untuk memulai

Jadi selanjutnya kita akan bahas masalah membangkitkan minat tadi, bagaimana caranya?

Saya anggap Anda sangat awam yang ada minat jadi programer, trus Anda bertanya mau jadi programer mulai dari mana? Saya jawab begini, mulailah belajar dari memahami database baik itu oracle, Ms SQL Server, MySQL atau lain sebagainya, tentunya harus pelajari juga bahasa pemrograman seperti Java, C, PHP, Visual Basic, Python, C++, JavaScript, C# atau lain sebagainya. Kalo ingin berkecimpung di dunia pemrograman website pelajari juga html dan CSS. Oke cukup dulu he..he.. gimana bro? mulai meleleh? Bagaimana minat anda sekarang? Makin mantap apa makin ciut?
"Makin mantap bro", Ok berarti Anda tergolong orang yang sangat luar biasa he..he...

Tapi fakta kebanyakan orang pada umumnya langsung bimbang dan bingung setelah mendengar jawaban tersebut karena terlalu banyak kata dibidang pemprograman yang belum dipahami. Orang yang ada minat tadi mungkin akan berkata “Waduuhh banyak bener yang perlu dipelajari! kapan bisanya?” normalnya kan gitu ya.


Ok bagaimana jika saya jawab begini. Mulai lah dengan memilih satu bahasa program yang ingin dipelajari, jangan berpikir untuk menguasai banyak bahasa program dulu, fokus lah pada satu bahasa program, pastikan Anda sangat mahir menggunakan bahasa tersebut. 

Saya sarankan pilih lah bahasa program yang masih sangat diperlukan didunia kerja pada saat ini. Internet atau dunia maya sangat berkembang pesat pada saat ini, sehingga hampir seluruh aspek kehidupan tidak terlepas dari keperluan sebuah website atau aplikasi berbasis web, sehingga potensi karir yang bagus sangat terbuka di bidang pemrograman berbasis web maka menurut saya belajarlah dari bahasa program PHP karena bahasa ini termasuk bahasa yang sangat populer untuk membangun aplikasi berbasis web dan tentunya Anda juga nanti harus mempelajari beberapa software pendukungnya untuk melengkapi keperluan membangun website yang profesional seperti database MySQL, HTML, CSS dan juga gunakalah framework. 

Tidak harus sekaligus Anda pelajari semuanya, melainkan mulailah dari sebuah program yang sangat sederhana dulu, misalnya hanya menampilkan tulisan singkat ke halaman program. Berlatihlah terus dengan membuat projek yang sederhana dan pelajarilah kode-kode program sesuai keperluan Anda saja terlebih dulu, tidak harus semua kode program anda kuasai untuk mulai mengerjakan sebuah projek. Semakin sering Anda berlatih mengerjakan projek sederhana maka lama kelamaan tanpa Anda sadari, akan bertambah banyak projek yang lebih kompleks dapat Anda selesaikan.

Menurut saya jawaban kedua ini lebih mudah dipahami untuk rekan-rekan yang baru ingin memulai petualangan di dunia pemrograman.

Penutup

Perlu saya informasikan di awal, isi blog ini nantinya akan lebih banyak membahas tentang latihan membuat projek sederhana menggunakan bahasa pemrograman PHP dan dengan framework Laravel tentunya, yang sesuai dengan bidang yang saya geluti saat ini, blog ini saya tujukan khusus untuk kelas pemula yang benar-benar dari nol bahkan boleh dari yang minus he..he.. sehingga kita akan sama-sama belajar dan saling berdiskusi. 

Apa yang telah saya pelajari akan coba saya post di sini sehingga rekan-rekan yang ingin belajar dapat mengikutinya dengan mudah, dengan bahasan yang sederhana dan tentunya akan saya jelaskan langkah demi langkah dari sangat dasar. Kalo bahasa inggrisnya alone alone as all clack on he..he..

Saya tidak mengatakan belajar pemrograman itu mudah tapi tidak juga mengatakan sangat sulit, karena hingga saat ini saya pun masih sama seperti Anda, yakni masih belajar, bedanya mungkin saya sedikit duluan tahu tentang Php Laravel, dan ini yang ingin saya bagi ke rekan-rekan sehingga paling tidak dengan tulisan ini saya memberi semangat kepada rekan-rekan sekalian, bukan sekedar ada minat tapi juga membangkitkan minat rekan-rekan untuk belajar lebih jauh tentang pemrograman. 


Dengan bangkitnya minat tersebut insya Allah proses belajar akan lebih menyenangkan.

Mau jadi programer belajarnya mulai dari mana? Jawabnya boleh juga dari blog ini he..he... Semoga bermanfaat, kalo ada kritik dan saran silakan beri komentar ^_^.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini